Lawar dan ares

Bagi temen-yang dari bali, istilah Lawar dan ares pasti nga asing lagi di telinga. Makanan inilah yang menjadi menu wajib dalam setiap persembahyangan yang di adakan sekaa hindu dharma parrot cay. Lawar yang kita siapkan disini tentunya sedikit berbeda dari segi rasa dan penyajian (tapi kalau sudah alit gunung dan alit boat yang handle, semua krama bilang Muantappp) berhubung bahan dasarnya yang agak sulit di temukan di negara ini, seperti buah nangka muda, pepaya atau buah kacang dan yang paling dasar untuk bumbunya (basa genep)yang nga bisa di temukan di negara ini adalah “Cekuh” atau kencur. sebagai pengganti kita pakai buncis dan “klungah” atau batok kelapa muda. Klungah gampang dicari karena lumayan banyak pohon kelapa tumbuh di beberapa bagian daerah ini.
Ares, makanan ini sangat di gemari oleh krama disini, benar-benar mengingatkan kita pada makanan bali asli, makanan ini terbuat dari pohon pisang muda yang di iris tipis-tipis dan di campur dengan bumbu dasar bali( basa genep) yang biasanya di tambahi daging babi atau ayam, dimana aslinya di bali lebih sering pakai daging bebek.

Sesuatu yang bisa di petik dari tulisan ini adalah walaupun kita jauh merantau melewati beberapa benua dan samudra dan bergaul dengan kebudayaan lain tapi kita tidak pernah melupakan tradisi kita.

Dimanapun kita berada mari kita “ajegkan kebudayaan dan tradisi kita”

Uma Kesawa

2 Responses

  1. Bener sekali pak chok ,meskipun kita berada jauh dari bali tak ada alasan buat kita untuk melupakan budaya dan tradisi kita sebagai orang bali.

  2. kapan bikin lawar ????jangan lupa ngundang2,

    Bangsa yang besar berasal dari budayanya juga, bukan begitu?!?!?!?!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: